KEPALA KEJAKSAAN TINGGI SUMATERA UTARA LAUNCHING E-JAGADESA

KEPALA KEJAKSAAN TINGGI SUMATERA UTARA LAUNCHING E-JAGADESA

  • Kategori: Berita
  • Tanggal: 27-08-2019

Bupati Deli Serdang H Ashari Tambunan menghadiri launching Implementasi Aplikasi e-JAGADESA (Jaksa Garda Desa) dan menandatangani piagam bersama antara Pemkab Deliserdang dan Pemerintah Desa se-Deli Serdang dengan Kejaksaan Negeri Deli Serdang yang disaksikan secara langsung oleh Kajati Sumut. Bertempat di Prime Plaza Hotel Kuala Namu Kecamatan Batang Kuis, Senin (26/8/2019) ditandai pemukulan gong oleh Kepala Kejaksaan Tinggi Sumatera Utara.

Acara tersebut dihadiri Kajati Sumut Fachruddin Siregar SH MH, Kajari Deli Serdang Harli Siregar SH MH, Kadis PMD Provinsi Sumut Ir. H. Aspan Sofyan, MM, para asisten, Inspektorat Deliserdang Agus Mulyono SH, Kadis PMD Citra Efendi Capah, para Kepala OPD terkait, Ketua APDESI Deliserdang Hajeman, Camat se-Deliserdang, 380 Kepala Desa se-Deliserdang.

Kajati Sumut Fachrudding Siregar dalam pidatonya antara lain mengatakan bahwa pada saat ini kita dihadapkan dengan isu strategis nasional tersebut antara lain adalah tentang pengelolaan keuangan desa, isu ini timbul seiring dengan lahirnya UU No. 6 Tahun 2014 tentang desa, di mana seiring dengan diberikannya pengakuan dan kedaulatan yang lebih luas kepada desa maka sumber daya keuangan yang diberikan kepada desa juga meningkat.

Kejaksaan Negeri Deliserdang telah melaksanakan perjanjian kerjasama atau MoU dengan 380 desa se-Kabupaten Deliserdang terkait pengendalian pelaksanaan keuangan desa, saya sangat apresiasi kepada Kepala Kejaksaan Negeri dan saya juga berterima kasih kepada Bupati yang telah mendukung untuk kebersamaan pembangunan Kabupaten Deliserdang,” ucap Kajati.

Untuk mempermudah dan mengoptimalkan pengawasan penyaluran dan penggunaan dana desa maka Kejaksaan Negeri Deliserdang telah meluncurkan program E-JAGA Desa yang terintegrasi dengan Pemkab Deliserdang melalui Dinas PMD Kabupaten Deliserdang dengan Inspektorat Kabupaten Deliserdang serta pemerintahan desa se-Kabupaten Deliserdang dalam hal pemantauan pengelolaan keuangan dan pembangunan desa.

Saya berharap, dengan adanya program e-JAGADESA di desa ini Pemerintah Desa akan semakin mengarah pada terwujudnya desa yang semakin sejahtera dan berdaulat pada kesempatan yang baik ini saya menyampaikan terima kasih dan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada Kepala Kejaksaan Negeri Deliserdang proyek leader yang telah mengembangkan program desa ini dalam bentuk aplikasi yang tentunya akan meningkatkan nilai-nilai integritas dan kemudahan bagi desa dalam berkonsultasi tanpa bertemu program ini sangat bermanfaat bagi pemerintah kabupaten dan pemerintahan desa oleh karena itu semua pihak kiranya berkomitmen untuk melaksanakannya.

Dalam sambutannya, Bupati Deliserdang H Ashari Tambunan mengatakan Pemerintah Kabupaten Deli Serdang menyambut dan bersemangat atas perhatian yang dilakukan Kejaksaan Negeri Deli Serdang.

Aplikasi e-JAGADESA ini sangat berguna untuk mendukung berbagai kegiatan di Kabupaten Deliserdang, khususnya untuk Kepala Desa, aplikasi ini digunakan kepada Kepala Desa yang tujuannya tidak lain tidak bukan adalah bagaimana seluruh program-program pemerintah kabupaten juga termasuk program-program di desa, kemudian dilaksanakan dengan sebaik-baiknya sehingga kemudian berhasil guna bagi kepentingan masyarakat dan seperti disampaikan oleh Kajari Deliserdang karena tugas-tugas para Kepala Desa tadi bisa dilaksanakan sedemikian rupa tanpa ada keragu-raguan, kekhawatiran dan ketidakmengertian. Ini dimaksudkan sepanjang bapak dan ibu para Kepala Desa melaksanakan tugas dengan sebaik-baiknya sejalan dengan aturan-aturan yang ada.

Sebelumnya, Kajari Deli Serdang Harli Siregar mengatakan aplikasi e-JAGADESA komitmen kami yaitu Kajari, Kajati dan Pimpinan Kejaksaan Agung. Aplikasi ini bentuk transparansi dan nilai-nilai integritas dan akuntabilitas aparat penegak hukum tidak mau menjadi momok dalam pelaksanaan kegiatan dana desa. Karena Deliserdang ini cukup luas yang terdiri dari 380 Desa, Aplikasi ini dapat membantu dan dapat bersinergi terhadap program-program yang telah di buat Pemkab Deliserdang karena pembangunan negara kita ini berawal dari daerah pinggiran dan desa. Sekaligus mengawasi agar tidak boleh bermain-main dan menyalahgunakan dana desa untuk kepentingan pribadi.” ujar Kajari.

Share This

Comments